Hasil penelitian ini adalah : (1) Bentuk pemakaian disfemia pada berita politik surat kabar Solopos edisi Oktober-November 2013, ditemukan klasifikasi bentuk disfemia menjadi tiga, yaitu; (a) berupa kata seperti kata kubangan dalam kalimat “Hal lain yang dipersoalkan adalah politik itu kotor sehingga sangat disayangkan dirinya mau terjun ke kubangan itu.’, (b) berupa frase seperti frase praktik kotor dalam kalimat “Mahkamah Konstitusi (MK) pun tercoreng praktik kotor akibat lobi-lobi dinasti penguasa provinsi Banten.” Nilai rasa yang terkandung dalam bentuk pemakaian disfemia pada berita politik surat kabar Solopos edisi Oktober-November 2013, ada lima nilai rasa yang terkandung yakni: (1) nilai rasa menyeramkan seperti kata murka dalam kalimat “Namun, dalam sidak ke kantor wali kota Jakarta Timur, dia murka.”,(2) nilai rasa mengerikan seperti kata sabet dalam kalimat “Ahok sabet Bung Hatta Anti Corruption Award.”, (3) nilai rasa menakutkan seperti frase kampanye siluman dalam kalimat “Apabila terdapat sumber dana kampanye siluman maka KPU Karanganyar segera jasa akuntan publik untuk mengauditnya.”, (4) nilai rasa menjijikkan seperto kata mual dalam kalimat “Bagi pemilih sudah banyak contoh yang membuat mereka mual.”, dan yang terakhir (5) nilai rasa menguatkan seperti kata sekenario dalam kalimat “Jadi ada sekenario Mega-Jokowi atau Jokowi dengan yang lainnya”.

Mundurnya Indonesia dari PBB berujung pada terhambatnya pembangunan dan modernisasi Indonesia karena menjauhnya Indonesia dari pergaulan Internasional. Trump misalnya membatasi imigran muslim, memerintahkan pembangunan tembok diperbatasan AS-Meksiko, memandang pemanasan global bukan isu seksi, hingga keputusan keluar dari UNESCO. Kalau dibiarkan bisa menimbulkan resesi global dan stagflasi. Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) ini berpikiran, langkah Jokowi berangkat ke Ukraina dan Rusia setelah pertemuan anggota negara G7 adalah seremonial yang tak bermakna. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode analisis framing Zhongdang Pan and Gerald M. Kosicki. Partai Komunis Indonesia (PKI) berkembang dengan leluasa. Pada bidang politik, media online digunakan sebagai media komunikasi politik, seperti kampanye partai politik, akses informasi pemilihan umum, dan penyebaran informasi politik terbaru. H. Yakub Nasucha, M. Hum, (2014) Analisis Penggunaan Bentuk Kebahasaan Disfemia Pada Berita Politik Surat Kabar Solopos Edisi Oktober-November 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi ini bertujuan untuk memetakan perdebatan-perdebatan yang terjadi antar scholars.

Skripsi : Kita Semua Adalah Wartawan. Jebakan Klik adalah tautan halaman yang dibuat oleh media online di media sosial seperti Instagram. Judul menjadi bagian penting dari sebuah berita pada media online maka timbulah beragam fenomena salah satunya adalah fenomena Jebakan Klik atau Click Bait. Menurut Mochtar Kusuaatmadja, politik luar negeri bebas aktif adalah politik yang tidak memihak pada kekuatan-kekuatan negara lain yang tidak sejalan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dan terus aktif dalam menjalankan kebijaksanaan luar negeri, serta tidak diam dan cepat tanggap dalam merespon berbagai peristiwa yang terjadi di kancah Internasional. Berita politik adalah berita yang menyangkut kegiatan politik atau peristiwa disekitar masalah-masalah ketatanegaraan dan segala hal yang berhubungan dengan urusan pemerintahan dan Negara. Kata-kata yang digunakan media online yang menautkan Click Bait biasanya tidak menjelaskan secara rinci isi berita. Dan dari segi penafsiran berita click bait sangat merugikan pembaca sebagai pengguna media online instagram. Dari segi Penggambaran mahasiswa menjelaskan bahwa clickbait adalah berita yang dibuat oleh suatu oknum yang tidak bertanggung jawab dan hanya mementingkan diri sendiri tapi tidak mementingkan para pembaca sebagai pengguna media online instagram. Karena clickbait itu hanyalah judul jebakan yang dibuat oleh si pembuat berita atau pengguna instagram lainnya dan tujuannya hanya untuk menaikkan rating berita tersebut.

2103. Thesis : Analisis penentuan headline berita politik di Tribuntimur. Media pada era globalisasi dan kemajuan teknologi sekarang ini memiliki peranan penting dalam kesuksesan dan keberhasilan suatu tujuan politik yang ditetapkan. Dari analisis tersebut ditemukan keberpihakan media pada pasangan calon presiden dalam konten pemberitaan yang disiarkan. Gedung Putih dibawah komando presiden Donald Trump melahirkan kontroversi. Namun demikian, adanya Kontroversi hingga ancaman dari berbagai negara di dunia, tidak menjadikan para penganut ajaran Syi’ah berhenti untuk menyebarkan pemikiran politiknya tersebut. Dan dari masukan serta saran delapan informan mengatakan pentingnya kepala berita atau judul dari suatu berita. 2014. Skripsi: Analisis Faktor Layak Berita Pada Portal Berita Antara Bengkulu. Kita ketahui bahwa banyak sekali masalah ekonomi dalam politik internasional yang telah dirasakan sejak revolusi industry di Eropa dan juga di Amerika Serikat sejak tahun 18 80an. Pada jaman saat ini masalah ekonomi merupakan masalah yang dapat dijadikan kompetisi antar negara. Peneliti menggunakan teknik dari metode agih pada tujuan yang pertama yakni teknik baca markah dan teknik lanjutan berupa teknik ganti pada tujuan yang kedua serta menggunakan metode padan referensial dengan teknik dasar berupa teknik Pilah Unsur Penentu (PUP) yang alatnya berupa daya pilah yang bersifat mental yang dimiliki oleh penelitinya.