Tipe penelitian ini menggunakan tipe deskriptif kualitatif, dimana peneliti-peneliti mendeskripsikan atau mengkonstruksi wawancara-wawancara mendalam terhadap subjek penelitian, selanjutnya peneliti bertindak sebagai aktivis yang ikut memberi makna secara kritis pada realitas yang dikonstruksi subjek penelitian. Hasil penelitian memberi gambaran bahwa masing-masing presiden memberi warna tersendiri pada identitas politik luar negeri Indonesia, termasuk pada rezim presiden Abdurrahman Wahid, Presiden Megawati dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses. Dengan ratifikasi Piagam ini, akan dilakukan peningkatan upaya ke arah pencapaian tujuan ASEAN, termasuk pemajuan dan perlindungan hak asasi manusia, dengan memfungsikan secara efektif badan Hak Asasi Manusia ASEAN, penegasan sanksi atas pelanggaran serius dan ketidakpatuhan terhadap Piagam termasuk penangguhan hak anggota, serta peningkatan keterlibatan masyarakat dalam kegiatan ASEAN. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tanggapan mahasiswa dan masyarakat mengenai berita wacana pendidikan militer, dengan mengambil lokasi di fakultas ilmu sosial dan politik universitas sam ratulangi manado.

Pandangan liberal pernah berasumsi agama akan semakin berkurang peranannya dalam politik ketika masyarakat menjadi semakin rasional. Artinya, segala kebijakan politik luar negeri yang terbangun tidak akan terlepas dari aspek kebijakan dalam negeri. Politik luar negeri juga menjadi cerminan dari keinginan dan aspirasi seluruh rakyat suatu negara yang harus diperjuangkan pemerintahnya di luar negeri. Masa Reformasi dipandang membawa perubahan pada pola pemerintahan Indonesi sehingga menarik mencermati apakah perubahan pola pemerintahan ini berimbas pada perubahan kebijakan politik luar negeri. Keberadaan media massa dewasa ini telah membawa angin perubahan yang signifikan terhadap kebutuhan manusia akan informasi. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode survei untuk mendapatkan data primer. Berdasarkan data yang diperoleh tersebut disajikan dan dianalisa guna memperoleh kesimpulan dari permasalahan yang diteliti. Di mana audiens tidak selalu terarah pada tujuan awal ketika hendak menggunakan media guna memenuhi motif sosial atau psikologinya. Indonesia adalah sebuah negara berkembang, sehingga tujuan Indonesia melakukan politik luar negeri ialah menitikberatkan pada negara berkembang. Politik luar negeri bebas aktif merupakan suatu upaya pencapaian atas kepentingan nasional melalui berbagai kebijakan yang terkait dengan negara lain.

Sejak kemerdekaannya, Indonesia telah berpartisipasi aktif dalam aktivitas politik internasional. Dengan tidak memihak tersebut maka negara akan tetap aktif dalam melakukan hubungan internasional dan kebijakan luar negeri, serta negara tetap ikut serta dalam permasalahan dunia. Di Indonesia, definisi politik luar negeri tertuang dalam Undang-undang Nomor 37 Tahun 1999 tentang Hubungan Luar Negeri. Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2007 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang, Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tentang Rencana Kerja Pemerintah, dan Peraturan Presiden No 5 Tahun 2010 Tentang Pembangunan Jangka Menengah Nasional. Persepsi wacana pendidikan militer bagi mahasiswa memberikan semangat bagi mahasiswa dan generasi muda mempersiapkan fisik dan mental bagi generasi muda agar lebih siap dan lebih matang dalam mempersiapkan ketahan mental dan fisik untuk menghadapi tantangan kedepan baik dalam dalam dunia kerja maupun dalam kesiapan untuk bela negara dalam mempertahankan keamananan dan kesejahtraan dari bebagai aspek kehidupan. Indonesia sebagai pemegang presidensi G20 menjadi episentrum kerja sama dunia untuk meningkatkan sinergi.

Tipe penelitian ini menggunakan deskriptif yang bertujuan untuk menjelaskan fenomena sedalam-dalamnya melalui pengumpulan data. Hal tersebutlah yang diteliti ada dalam skripsi ini. Hadirnya beberapa contoh kasus dalam bab buku ini mengindikasikan pula kekuatannya, dengan kata lain, pembaca dihadapkan langsung ke dalam penerapan perspektif HI, keberhasilan/kegagalan serta dilema yang dihadapi dalam penerapan sanksi ekonomi. Ini karena istilah Hubungan Internasional dan Politik Internasional menghadirkan dilema yang kompleks bagi banyak orang. Berita politik yang ada di Riau Pos telah memberikan kontribusi besar dalam pembentukan opini kader HMI hal ini dikarenakan Riau Pos masih tetap di percaya sebagai referensi sumber berita dari segi media cetak. 3. Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Penggunaan media komunikasi massa sebagai media publisitas politik dilakukan dalam berbagai media seperti facebook, twitter, media cetak lokal dan berita online. Kegiatan komunikasi politik ini tentunya dimanfaatkan dengan baik oleh para aktor-aktor politik ketika momen pilkada. Kegiatan berkomunikasi ini dilakukan manusia dalam semua aspek tidak terkecuali politik.