Sementara itu penelitian ini secara khusus, bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kebahasaan disfemia beserta nilai rasa dalam disfemia berita politik. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan hasil penelitian sebagai berikut: 1) Bentuk-bentuk idiom politik terdapat pada wacana berita Harian Umum Solopos yaitu berbentuk kata, frase, singkatan, dan ungkapan asing. Hasyim. Perubahan-perubahan tersebut tentu berkonsekuensi pada revisi ketentuan Undang-Undang tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu). Konferensi tersebut jadi ajang pertemuan antara negara-negara di Benua Asia dan Afrika. New Emerging Forces (Nefo) yaitu kelompok negara-negara sedang berkembang yang anti imperialis/kolonialis dan sosialis serta komunis. Sebelumnya, Kaban Kesbangpol Arjuna Sembiring mengungkapkan bahwa dasar hukum bantuan keuangan Parpol ini adalah Permendagri nomor 78 tahun 2020 tentang perubahan atas Permendagri nomor 36 tahun 2018 tentang tata cara perhitungan, penganggaran dalam APBD dan tata tertib Pengajuan, penyaluran dan laporan pertanggungjawaban penggunaan bantuan keuangan Parpol. Sosok Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sering mendapat sorotan media atas segala perilakunya sejak memegang jabatan sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta mendampingi Joko Widodo. Termasuk pencalonannya sebagai gubernur dalam Pilkada DKI Jakarta yang digelar Februari 2017. Salah satu isu yang sering diangkat media massa adalah mengenai jalur Ahok dalam mengikuti kontestasi pemilihan DKI 1 pada Pilkada 2017. Media dan politik memiliki hubungan yang erat, dimana pemberitaan mengenai peristiwa politik dipandang memiliki nilai berita yang tinggi oleh pemilik media massa.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kedua media tersebut dalam membingkai berita mengenai pencalonan Ahok di Pilkada DKI Jakarta 2017. Apakah terdapat perbedaan dalam memberitakan realitas tersebut atau bahkan sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis wacana kasus dugaan kecurangan pemilu 2019 yang tayang pada 13 April 2019 dalam program Bewara PJTV Bandung. Penulisan ini bertujuan untuk menjabarkan pendekatan ekonomi dalam politik internasional. Kemudahan teknologi kini memudahkan masyarakat Indonesia untuk mengakses berbagai macam berita. Dengan adanya teknologi yang canggih membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Televisi, internet, handphone, dan juga komputer adalah merupakan produk modern yang membuat kita masuk di era globalisasi. Munculnya internet dan media sosial juga membuat cara baru untuk mencari informasi, terutama untuk generasi millennial yang aktif mencari informasi melalui media sosial yaitu, Instagram. Masukan untuk Tayangan Berita Politik Di PJTV Bandung terkait dengan kualitas tayangan dan naskah berita televisi harus sesuai dengan kode etik yang berlaku. Tujuan dari disusunnya Skripsi ini adalah untuk mengetahui analisis wacana mengenai tayangan berita politik sekaligus naskah tersebut. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa dalam pembuatan tayangan dan naskah berita kriminal memiliki makna tertentu agar dapat menyampaikan informasi sesuai dengan UU Penyiaran No.32 Tahun 1994 tentang aturan Penyiaran.

Adapun objek dalam penelitian ini adalah bentuk idiom politik dan makna idiom politik pada wacana berita Harian Umum Solopos edisi Maret – April 2009. Data dalam penelitian ini adalah kalimat yang mengandung idiom politik. Adapun sumber data penelitian ini adalah wacana berita Harian Umum Solopos. Subjek penelitian ini berita politik surat kabar Solopos edisi Oktober-November tahun 2009. Objek penelitiannya adalah gejala kontaminasi, penggunaan bahasa asing dan daerah. KRISTANTI , NINUK (2010) ANALISIS GEJALA KONTAMINASI, PENGGUNAAN BAHASA ASING DAN DAERAH DALAM BERITA POLITIK SURAT KABAR SOLOPOS EDISI OKTOBER-NOVEMBER. Penggunaan media daring semakin banyak dilakukan oleh masyarakat perkotaan khususnya wilayah Jabodetabek. Pengumpulan data dilakukan dengan survei tatap muka dengan menyebarkan terhadap sampel yang sudah peneliti tentukan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei (kuesioner) secara daring kepada 410 masyarakat Jabodetabek dengan rentang usia 17-65 tahun. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Dari hasil tersebut, dicari koefisien penentunya yang menunjukkan besar pengaruh Berita LINE TODAY terhadap Perilaku Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sam Ratulangi Manado adalah sebesar 62%. Dari hasil analisis regresi linear sederhana, Berita LINE TODAY terhadap Perilaku Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sam Ratulangi Manado terdapat hubungan yang fungsional atau linear dan berarti atau bermakna di antara kedua variabel tersebut.

Hasil penelitian ini adalah : Ada hubungan antara variabel Berita LINE TODAY terhadap Perilaku Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sam Ratulangi Manado. Tidak ada yang namanya amal dalam politik internasional,” kata Sreeram Chaulia, direktur School of International Affairs di O.P. Terbentuknya Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI) atau Indonesian Agency for International Development (Indonesian AID) mestinya juga dapat mendorong peran Indonesia yang lebih berarti bagi kerja sama pembangunan internasional. Pada tanggal 23 Mei 1958, Jakarta, yang diwakili oleh Pangeran Paku Alam, memenangkan pemungutan suara untuk menjadi tuan rumah Pesta Olahraga Bangsa-bangsa Asia (Asian Games) mengalahkan Karachi dengan suara 22-20. Dengan keputusan tersebut, Jakarta ditunjuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games pada tahun 1962. Untuk menyambut kegiatan tersebut, Indonesia melakukan pembangunan besar-besaran di ibukota, membangun kompleks olahraga raksasa, dan menerima ribuan atlet dari seluruh penjuru Asia. Untuk menyelenggarakan Ganefo dibangun kompleks olah raga Senayan. GBHN adalah suatu landasan pelaksanaan yang menegaskan dasar, sifat, dan pedoman perjuangan untuk mencapai tujuan nasional bangsa Indonesia.